23/01/2017

VIRUS KONCO

VIRUS KONCO

Saat ngaji di majelis Riyadun Nabawi Tugu Jombang, Jumat  (13/1/2017), Gus Karim Mayangan mengingatkan dawuh Iman Ghozali di kitab tanbihul ghofilin. "Muasarah muasiroh pergaulan itu nulari," tuturnya.

1. Gaul dengan orang kaya. Membuat kita tertular virus terlalu mencintai dunia.  Karena biasanya yg dibahas soal koleksi harta.

2. Gaul dengan orang miskin. Membuat kita semakin bersyukur dan ridlo. Sebab yg dibahas biasanya keterbatasan nya. Sehingga kita makin tahu anugerah yang diberikan Allah kepada diri kita.

3. Gaul dengan penguasa. Membuat kita ketularan virus sombong dan keras hati. "Salah satu ciri ulama dunia adalah suka gumbul penguasa untuk mendapatkan sesuatu. Bukan untuk nuturi, " jelasnya.

4. Gaul dengan wanita. Membuat kita bertambah  bodoh dan syahwat.

5. Gaul dengan bocah. Membuat kita bertambah senang main2 dan guyon.

6. Gaul dengan orang fasik yg agamanya rusak atau meremehkan agama. Membuat kita berani melakukan dosa dan malas bertaubat.

7. Gaul dengan orang solih. Membuat kita senang beribadah.

8. Gaul dengan ulama. Membuat kita bertambah ilmu dan wirai. "Walaupun yang disampaikan ulama itu bukan qoul ulama, bukan hadits, bukan Quran, tetaplah inti  ketiganya itu. Sebab setiap harinya ulama selalu mengkaji ketiganya," tuturnya.

Gus Karim lalu menutup tausiahnya dengan mengutip QS Attaubah 119.

Hai orang-orang beriman bertakwalah kepada Allah  dengan cara  bergaulah  dengan orang-orang yg baik.

Wakunu maassodiqin.

Kunu itu amr. Al aslu fil amr lil wujub.
(Lutfi)

0 komentar:

Post a Comment