16/11/2016

BODO TAPI MANFAAT

 BODO TAPI MANFAAT

Pernahkah Anda menjumpai orang yang tidak bergelar sarjana namun justru laris diundang ceramah bahkan disuruh mimpin ritual keagamaan di masyarakat?

Saat khatmil Quran di Musola Al-Ikhlas Nglundo Utara Desa Candimulyo, Jombang, Minggu (23/10/2016), Gus Abdurahman Alhafid Perak menceritakan nasehat Pengasuh PP Al-Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas KH Jamaludin Ahmad yang disampaikan kepadanya.

’’Mbah Jamal ngendikan, masio ilmu kita sedikit,  kalau mau mengamalkan tiga hal, maka Allah akan mengangkat derajat kita,’’ tuturnya. ’’Ketiganya yakni chalim, luman dan khusnul khuluq,’’ tambahnya.

Pertama, chalim.  Nabi Ibrahim pernah berdoa minta anak soleh. Lalu diberi Allah dengan anak yang Chalim (QS Assafat 100-101). ’’Chalim itu melebihi  sabar,’’ kata Gus Abdurahman. Alias amat sangat luar biasa sabar sekali.

Kedua, luman. Saat ngaji di Dempok  Kamis (3/11/2016), KH Latif Bajuri menjelaskan tiga ciri ahli surga. Yakni wajah yang selalu senyum, tangan yang luman dan hati yang selalu bersyukur. ’’Wong luman itu dekat dengan Allah, dekat dengan surga, dekat dengan manusia, jauh dari neraka,’’ tuturnya mengutip sebuah hadits.

Ketiga, akhlak yang baik. Ini adalah intisarinya ilmu. Buahnya ilmu ya akhlak itu. ’’Siapa yang mau berakhlak baik, mengamalkan ilmunya, maka Allah akan mengajarkan apa yang tidak diketahuinya,’’ kata  Mbah Bolong (4/11/2016) mengutip dawuh Nabi yang terdapat dalam sejumlah kitab Imam Ghozali.
Rojiful  Mamduh

0 komentar:

Post a Comment