16/11/2016

ANSOR NASRUN atau ANSOR NUSRON

 ANSOR NASRUN atau ANSOR NUSRON

Saat ngaji pada rutinan Rijalul Ansor di Masjid Baitul Mukminin Alun-alun Jombang Sabtu (12/11/2016), pakar tafsir Quran Pesantren Tebuireng DR KH Mustain Syafiie  mengaku sangat cinta dengan para pemuda Ansor. ’’Awakmu iku penolong Gusti Allah, Rek. Ora main-main,’’ ucapnya.

Beliau lantas menerangkan alasan pemilihan nama Ansor.

Pertama,  merujuk kata Ansor pada QS Assaf 14. Sebelum diangkat Allah ke langit, Nabi Isa membriefing para pengikutnya. Siapa diantara mereka yang nantinya tetap setia menjadi penolong Allah. Lalu kaum Hawariyun berikrar menjadi penolong Allah. Ansorullah. ’’Itupun masih ada yang berkhianat, wakafarot toifah,’’ jelasnya. Sehingga tetap ada kemungkinan anggota Ansor yang tidak menjadi pembela Allah. ’’Sejarah mencatat, kaum Hawariyun yang setia dengan janjinya menjadi penolong Allah hanya 12,’’ tuturnya.


Kedua,  merujuk pada hijrah Nabi. ’’Siapa yang lebih mulia, Muhajirin ataukah Ansor?’’ tanya Kiai Mustain. ’’Yang disebut langsung di Alquran memang Muhajirin. Tapi jangan remehkan peran Ansor,’’ paparnya.


Menurut Kiai Mustain, persiapan hijrah Nabi sudah dilakukan sejak dua tahun sebelumnya. ’’Setidaknya ada enam nama Sahabat Ansor yang dikenal ikut melakukan persiapan. Salah satunya adalah Nusaibah binti Kaab Al-Ansori,’’ jelasnya. Dia inilah yang menciptakan syair tolaal badru. ’’Tidak mungkin tolaal badru itu diaransmen seketika itu. Pasti telah dipersiapkan sebelumnya. Jika mendadak, bagaimana bisa tahu bahwa Nabi akan melintasi min saniyyatil wada (salah satu kota di Madinah),’’ jelasnya.


Ketiga, peran Ansor pada 1966. ’’Coba gali kuburan orang-orang PKI yang dibunuh. Banyak mana antara yang mati karena ditembak dan yang digorok?’’ ucapnya. ’’Penjalin dipukulkan ayam tidak mati, tapi saat itu, ditangan anak-anak pemuda Ansor, dipukulkan PKI sekali langsung mati. Kalau tidak karena Ansorullah mana mungkin bisa seperti itu,’’ ucapnya.

Allah, kata Kiai Mustain, tidak perlu dibela. Justru kita yang butuh pembelaan Allah. ’’Allah gak perlu kamu bela. Tapi kamu perlu membela Allah, supaya Allah punya alasan membela kamu,’’ tegasnya.
Rojiful Mamduh

0 komentar:

Post a Comment