16/11/2016

EMOH ULAMA

EMOH ULAMA

Saat ngaji rutinan Senin (31/10/2016), Pengasuh PP Al-Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas, KH Jamaludin Ahmad menjelaskan ciri orang yang sombong alias kibr. ’’Aun bin Abdillah  berkata kepada Fadol Alwasiti, tandane kibr adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain,’’ tuturnya.

Kiai Jamal lantas menceritakan Abu Bakar. Suatu ketika, Sahabat Abu Bakar hendak menshalati jenazah. Dia dikagetkan dengan bagian jenazah yang terlihat gerak-gerak. Abu Bakar lalu membuka bagian yang gerak-gerak itu. Ternyata itu adalah ular yang melilit tubuh jenazah.

Abu Bakar lalu mengambil senjata dan hendak membunuh ular tersebut. Namun ular itu justru berkata; ’’Kenapa engkau hendak memukulku, sementara aku disini atas perintah Allah. Aku diperintah Allah untuk menyiksa orang ini hingga kiamat.’’

Mendengar itu, Abu Bakar membatalkan niatnya. Abu Bakar lalu bertanya, apa yang menyebabkan jenazah tersebut mendapat siksa seperti itu. Ular itu menjawab, ada tiga hal penyebabnya. Pertama, tarikus solah. Semasa hidup, jenazah itu tidak mau shalat. Kedua, maniuz zakat. Orang itu tak pernah membayar zakat. Ketiga, la yasma’u kalam ulama. Seumur hidupnya, orang itu tak pernah mau mendengar nasehat ulama.                       
Rojif

0 komentar:

Post a Comment