20/05/2016

JAGA ANAK

JAGA ANAK

Saat tausiah di Kemenag Jombang, Selasa (17/5/2016), aktivis Banser Jombang Kota yang juga Kepala KUA Kecamatan Tembelang, Moh Lutfi Ridlo, cerita bahwa sekarang ini banyak pasangan yang nikah karena hamil duluan.
 
Utamnya mereka yang melakukan hubungan seks kali pertama pada malam tahun baru dan saat Hari Valentine 14 Februari. ’’Makanya setiap Maret dan Mei pasti banyak pasangan yang nikah hamil duluan,’’ tuturnya.
 
Maret karena hasil malam tahun baru. Mei karena hasil valentine. ’’Maret kemarin saja ada 12 yang hamil duluan. Mei ini sudah ada delapan,’’ ucapnya. Itu di Kecamatan Tembelang saja. ’’Pasangan yang nikah hamil duluan itu iso dititeni, mesti pernikahane ora suwi,’’ tambahnya. 
 
Sebagai orang tua, lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membentengi anak-anak kita?
 
Pertama, pesene wong Jowo, ojo nyelo, sebab nyelo iku moro. Kalau tahu ada tonggo, konco atau bolo yang hamil duluan, didoakan saja.
 
Kedua, saat ngisi pengajian tafsir Jumat Legi di Masjid Jami Baitul Mukminin,  DR KH Mustain Syafiie, pakar tafsir Alquran Pesantren Tebuireng memberikan tips berdoa agar anak dijaga dari setan.
 
Kiai Mustain menuturkan, begitu Siti Maryam (ibunda Nabi Isa) lahir, sang ibu yang bernama Hanah langsung berdoa. Doa ini diabadikan dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 36.
Inni uidzuha bika wazurriyataha minas syaithonir rojim.  (Ya Allah, aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk".
 
Efek doa itu, kata Kiai Mustain, sangat luar biasa. Maryam tumbuh menjadi pribadi yang tidak gampang tergoda oleh setan.
 
Sehingga ketika Allah menyuruh jibril  menampakkan diri sebagai pria yang sangat tampan kemudian menemui Maryam di dalam kamarnya, Maryam sama sekali tidak tergoda. Padahal di kamar itu, hanya ada Maryam dan si pria tampan.
 
Apa respon Maryam? Dia justru kaget dan berdoa kepada Allah. Maryam langsung berkata; inni audzu birrohamni minka (Sesungguhnya aku berlindung kepada Allah yang maha pemurah dari engkau wahai pria tampan (QS Maryam;18)
 
’’Makanya sangat bagus jika kita rutin membaca doa yang terdapat dalam QS Ali Imran ayat 36 tersebut untuk anak-anak kita,’’ paparnya. Sehingga anak-anak kita bisa dijaga dari setan. Sebagaimana Maryam dijaga dari setan. Baik itu setan yang tidak tampak. Maupun setan rambut hitam yang tampak.
 
Ketiga, tentu saja anak harus di didik ilmu agama. Makanya harus di sekolahkan di madrasah, dan disuruh ngaji ke TPQ. Atau dimasukkan pondok pesantren.
 
#AyoMondok

(Rojif)

0 komentar:

Post a Comment